expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Thursday 11 February 2016

Kolam Ikan Koi

Mencoba untuk membuat kolam ikan koi

Persiapan : 
Siapkan alat2 yg diperlukan

1. Bilah bambu/ kayu kaso
2. Benang
3. Bulpoin
4. Cangkul
5. Cetok adukan
6. Pasir, batu bata, semen

Proses pekerjaan :

Ukur dulu area yg mau dibuat kolam, tentukan bentuk kolam persegi, bulat atau kotak dll.
kemudia setelah di ukur buat patok ukur atau bouplank, Kemudian proses pengalian tanah jika perlu mengali tanah. proses pasang bata dan plester dimulai disesuaikan dengan gambar atau rencan yang sudah ada. Untuk pasangan batu bata merah perbandingan semen dan pasir 1 : 5 dan untuk plesteran 1: 3 kemudian plesteran pakai semen aja di campur air .

ooya jangan lupa pasang dulu pipa jika ada atau rencana ada pipa yg tertanam ke dinding jika gak ada ya lanjut dah,

Ketika sudah selesai di coba untuk direndam air untuk beberapa hari untuk memastikan ada kebocoran atau tidak. jika udah oke maka di coba dengan ikan yg murah2 dulu untuk ditaruh dikolam, karna masih ada bau atau zat-zat semen yg tidak baik untuk ikan.
atau klau tidak ada beberapa cara untuk menghilangkan bau semen di kolam, salah satunya yg alami adalah dengan menggenangi kolam dengan air dan diberi potongan potongan pohon pisang, atau klau tidak beli obatnya di tukang jualan ikan tanya aja obat buat menetralkan air yg masih bau semen. kebetulan saya kemarin gak pakai itu jadi gak tau namanya ,

pengalaman saya dengan diberi ikan yg murah beberapa hari ada yg mati 1 atau 2 ekorr. ketika tingkat kematiaan ikan sudah tidak ada maka kolam sudah siap di beri ikan koi.

selamat mencoba .


jangan lupa klau mau cantik kolamnya di beri ornamen2, patung2, atau pancuran gan. klau di malam hari denger pancuran air kemricik rasanya adem  banget gan,


Lingk Videonya gan

www.youtube.com/watch?v=cF2hP13Q7jc